Rabu, 23 Oktober 2013

GISEL DAN MONA - Tabir



“ GISEL  DAN  MONA - Tabir  OLEH   MITA  RIA. S “

            Dering  telepon  pagi  itu  membangunkan  Gisel  dalam  tidurnya  dibalut  mimpi  semu.
“ Iya,  hallo  siapa  nih ? “  jawab  Gisel  diujung  hp-nya.
“ Gis,  kamu  dimana ?  jangan  bilang  kalau  kamu  belum  bangun  ya,  ini  udah  jam  setengah  Sembilan,  bentar  lagi  cowok   dari  kontak  jodoh  itu  datang,  kamu  kan  janji  mau  nemenin  aku.”  tanya  temannya  Mona.
  Apa ??? Lagi !!  Bukannnya  yang  semalam  itu  terakhir.  Please  dech  Mona,  semalam  kita  pulang  jam  11  loch.  Kamu  ‘gak  capek  apa  ? “  keluh  Gisel.
  Habis  mau  gimana  lagi  donk,  ayahku  sudah  memintaku  untuk  memperkenalkan  pacarku.  Kalau  sampai  aku  ‘gak  bawa  tuh  cowok  dalam  waktu   seminggu  ketemu  sama  papa,  aku   bisa  dijodohkan.”
“ Oke,  1 jam  lagi  aku  kesana  yaa.  Byeee… “
(  Dua  jam  kemudian…. )
“ Hallo  Mona,  dimana  cowok  itu  ? “  sapa  Gisel  yang  jelas  jelas  datang  terlambat.
“ Jangan  bicara  padaku,  aku  marah  padamu ? “  keluh  Mona
“ Kok  marah  sich,  maaf  donk,  jalanan  macet  parah.  Aku  sudah  berusaha  secepat  mungkin  untuk  sampai  kesini. Btw,  cowoknya  cakep  kan ? “
“ Oke,  aku  maafkan,  tapi  traktir  yaa. Hehehhe :D “
( Percakapan  mereka  begitu  hangat,  Mona  menceritakan  tentang  pertemuannya  dengan  pria  yang  dikenalnya melalui  kontak  jodoh.  Menurutnya,  pria  tersebut  terlihat  manis,  dan  giselpun  nampaknya  tertarik  untuk  mengenal  pria  yang  begitu  antusias  saat   Mona  ceritakan  )
“ Oke  dech,  besok  kamu  mesti  kenalkan  aku  padanya  yaa ? “  Pinta  Gisel.
“ Hahhah, enak  saja.  ‘gak  mau  akhh,  takut  dia  jatuh  cinta   padamu. “  Ledek  Mona,,  yang  disambut  gelak  tawa  mereka.  “ Kasih  aku  waktu  tiga  hari  yaa  untuk  mengenalnya  lebih  dekat,  baru  kemudian  aku  kenalkan  padamu  sebelum  aku  pertemukan  dengan  papa. “  Ucap  Mona  yang  diiyakan  oleh  Gisel.
(  Tiga  hari  berlalu… )
            Gisel  dan  Mona  memang  sudah  lama  bersahabat,  orang  tua  Gisel  dan  Mona  berteman  sejak  mereka  masih  dibangku  sekolah.  Dan  persahabatan  kedua  oang  tua  mereka  ini  dilanjutkan  oleh  anak  anak  mereka  yaitu  Gisel  dan  Mona.
Gisel  kehilangan  orang  tuanya  saat  ia  masih  remaja,  saat  itu  duduk  dibangku  kelas  2  Smp,  dan  pada   saat  yang  bersamaan  ibu  Mona  meninggal  dunia.  Memang  bukan   kebetulan  semata,  karena  pada   saat  itu  mereka  berempat   sedang  pergi  bersama  untuk   menghadiri  undangan  reunian  sekolah,  diperjalanan  mereka  dirampok  oleh  sekelompok  genk  motor,  na’as  karena  ternyata   genk  motor  tersebut  menggunakan  senjata  api,  dan   dari   kejadian  tersebut  yang  selamat   hanya  papa   Mona  saja.  Sejak  itu  Gisel  dirawat  dan  tinggal  bersama  dirumah  Mona,  namun  menginjak  kelas  2  SMA,   Gisel  sempat  menimba  ilmu  di Australia  tempat  ibunya  dilahirkan,  dan  kembali  lagi  ke  Indonesia  saat  mereka  berusia  21 Tahun.   Saat  ini  mereka  memiliki  hobi  yang  nyaris  sama,  memotret  dan  dipotret.  Gisel  dari  dulu  memang  sangat  angggun  dan  cantik,  di sekolah  ia  selalu  menjadi  sorotan  ia  begitu  popular.   Berbeda  dengan  Mona,  Mona  tidak  terlalu  anggun  tapi  dia  tidak  tomboy,  dia  hanya  tidak  suka  menggunakan  rok, heheh
.   Hal  yang  paling  dia  sukai  adalah  memotret  Gisel.
***
            Tepat  di  café,  tempat   mereka  janji  bertemu.  Sekitar  pukul 20.00 WIB  pulang  kerja  malam  itu   sangat   terang,  tidak   nampak  akan  turun  hujan.  Mona  dan  Anton  pria  yang  sekarang  menjadi  kekasih  mona,  mereka  sudah  sampai  lebih  dulu  menunggu  kedatangan Gisel.
20.15 WIB,  dengan  blues  berwarna  merah  muda  dan  rambut  panjang  teurai,  anggunnya   cara  ia  berjalan,  sudah  bisa  dikenali  dari  jauh  bahwa  itu  adalah  Gisel.
“ Nah   ini  temanku  adikku,  kakakku   dan  bodyguardku,, hehehe
.   Gisel  hernada  fernadezzz. “  Ucap  Mona  mengenalkan  Gisel  kepada  Anton.
“ Hai,  aku   Anton.  Hanya  Anton !! “   Jawab  Anton  yang  tidak  memiliki  nama  belakang,  seraya   menjabat   tangan  Gisel  sambil  tersenyum. “  Silakan  duduk !! “
Mereka  bertiga  pun duduk  bersama  dalam  satu  meja,  posisi  mereka  menarik  sekali.  Anton  duduk  menghadap  kedua  wanita  cantik  tersebut.
“ Kamu  masih  cantik  seperti  dulu.”  Ucap  Anton  membuka  perbincangan  dengan  memuji  Gisel.
“ Loch,  kalian  sudah  saling  kenal  sebelumnya  yaa ?  Akhh….. curang  curang,  jangan  tusuk  aku  dari  belakang  yaa ? “  Tanya  Mona  penasaran.
“ Kami  tidak  begitu  mengenal,  hanya  pernah  bertemu  saat  di Autralia  saja,  kami  sempat  satu  kampus. “  Jawab  Gisel  yang  kemudian  menatap  tajam  mata  Anton.
“ Iya !! “  Jawab  Anton  singkat  membenarkan  ucapan  Gisel.
“ Oh  begitu,  aku  sudah  kaget  setengah  mati,  ku  kira  kalian  mantan  pacar L
Begitulah  menurut  Mona,  dan  tentu  pertemuan  singkat  itu  memiliki  kesan  tersendiri  khususnya  bagi  Gisel  dan  Anton,  apa  yang  mereka  pikirkan  hanya  mereka  yang  tahu ?
                                    ^^^^^ ...^^^^^
( Seminggu   kemudian… )
            Sabtu  tepat  pukul  11.00 WIB, Mona  datang  mengunjungi  rumah  Gisel.
“ Permisi,  gis,  lagi  dikamar   yaa ? “  iiichhh…  kebiasaan  dech,  pintu  rumah  ‘gak  dikunci.”  Gerutu  Mona  seraya  masuk  kerumah  Gisel.  “ Gis,  nanti  malam  bisa  temenin  aku  ke  pestanya  Mas  Pram  ‘ gak ?  Aku  agak  risih  nih  kalau  datang  sendiri,  mengingat  dia  punya  perasaan  terhadapku,  kalau  aku  ‘gak  datang,  ‘gak  enak  juga,  soalnya  dia  patner  bosku.  Aku  juga  ‘gak  bisa  ajak  anton,  dari  tadi  hp-nya  ‘gak  bisa  dihubungi. Eeehh…..  kamu  dimana  sich  gis,  kok  ‘gak  nyaut  -  nyaut. “  Keluh  mona  yang  tidak  mendapat  respon  dari  Gisel,  namun  ia  tetap  mencari  Gisel  sampai  kekamarnya.
            Semakin  dekat  dalam  perjalanan  menuju  kamar  gisel,   mona  mulai  melihat  kejanggalan.  Rumah  itu  terasa  sepi, Gisel   memang  tidak  sendiri  di rumah  peninggalan  kedua  orang  tuanya  itu, ia  ditemani  oleh  dua  pengurus  rumah,  namun  karena  ini  hari  sabtu  biasanya   para  pengurus  rumah  pulang  kerumah  mereka  dan  kembali  lagi  hari  senin.
Dengan  perasaan  yang  begitu  resah,  dia  tetap  berjalan  perlahan  demi  perlahan  menyusuri  tangga  menuju  kamar  Gisel. “  Aku  tahu  Gisel,  jika  ia  sedang  sendiri,  ia  pasti  memutar  musik  dengan   kencang,  bukan  seperti  ini,  ini  begitu  hening  seorang  rumah  ini tak  berpenghuni . “  Gumam  Mona  dalam  hati  yang  dihinggapi  perasaan  cemas.
Semakin  kaget  Mona,  melihat  warna  kursi  tepat  dilantai  dua  yang  menuju  kamar  Gisel  berantakan, “  Ini  tidak  benar ? “ gumamnya  dalam  hati,  yang  langsung  menelepon  papanya. “ Pa,  cepat  datang  kerumah  Gisel.   Rumah  Gisel  dirampok !!! “  Ucap  Mona  ditelepon  meminta  papanya  segera  datang.  Dengan  perasaan  takut, Monaa tetap  berusaha  menguat – nguatkan  dirinya  untuk  melihat  Gisel  dikamarnya.    Aaaaaaaaaaaaaaaaaaa,  teriakan   Mona,  memjawab  ketakutan  hatinya. Gis,  gis… bangun  gis… “ Pinta  Mona,  seraya  mengangkat  kepalanya  Gisel  kepangkuannya.  Dilihatlah   Anton  yang  juga  terbaring  persis  diranjang  Gisel.
Sejam  kemudian,   papa  Mona  yang  datang  bersama  polisi,  bergegas  membawa  Gisel  dan   Anton  kerumah  sakit.  Seribu  tanya   tergurat   diwajah   Mona,     Apa  yang  terjadi  diantara  kalian,  mengapa  Anton   bisa  ada  disana,  dan  mengapa  Gis, bajumu… ? “ Papanya  menangkap  kegundahan  hati  anakanya,  dan  kemudian  mencoba  menenangkan  hati  anak  semata  wayangnya  itu  dengan  memeluknya.    Kamu   pasti  bisa mengatasi ini semua,  jangan  terlalu  percaya  dengan  apa  yang  kamu  lihat,  sebelum  kamu  membuktikannya  sendiri. “  Hibur  papanya.
Dirumah  sakit  itu,  aku  melihat  betapa  malangnya  seorang  Gisel  yang  selalu  nampak  anggun  cantik  dan  menarik  dibalik  kamera,  dibangsal  ini  ia  terlihat  begitu  tak  berdaya.

            “ Seminggu  lamanya  kamu  tak  terbangun  Gisel,  sedang  Anton  telah  meninggalkan  kita  semua,  bangunlah  Gisel  aku  tak  tahu  apa  yang  terjadi  pada  kalian  berdua,  dan  sungguh  setelah  kamu  bangun,  aku  tak  akan  bertanya   apa  yang  sebenarnya  terjadi  pada  Gisel,  mungkin  itu  terlalu  menyakitkan  bagimu.  Mendengar  penyelidikan  polisi tentang  kasus  ini,  adalah  cobaan  pemerkosaan,  itu  membuat  hatiku  hancur.   Gisel   aku  mohon  bukalah  matamu,   aku  tak  sanggup  kehilanganmu.  Gisel….. hiks  hiks  L, isak  tangis  dengan  air  mata  yang  menetes  ke-lengan  Gisel,  ternyata  membuat  Gisel  kembali  tersadar  dari  komanya  selama   seminggu. “
“ Mona ?! “  Kata  pertama  Gisel  saat  terbangun,  membuat  Mona  begitu  terkejut   sekaligus  bahagia,  Mona  langsung  memeluk  erat  sahabat  tercintanya  itu.
“Hai,   apa  yang   sebenarnya  terjadi ?  Mengapa  kamu  menangis,  seolah  olah  hari  ini  adalah  hari  pemakamamku. “ Canda  Gisel.
“ Jangan  banyak  bicara  dulu  Gisel .” Pinta   Mona,  yang  kemudian  memanggil  Dokter  dan  Suster,  dengan  menekan  tombol ( alerm )  darurat  yang  ada  di samping  bangsal  Gisel.
……..
 Aku  bersyukur  untukmu,
Aku  bahagia  untukmu,
Biarlah  yang  berlalu  menjadi  masa  lalu,
Takan  pernah  kucoba  membangun  masa  depanku  dengan  membuat  perasaanmu  terluka,  hanya  karena  aku  terlampau  ingin  tahu  tentang  semua  itu.
Meski  demikian  ini  menjadi  misteri,  biarlah  hati  ini  menjadi  buku  hanya  untuk  menyimpan  semuanya  tanpa  tersentuh  olehmu.
“ Woiii,  ngelamun  aja  nih,  mikirin  apaan  sich  ? “ Sapa  Gisel  yang  membuyarkan  semua  kenangan  itu.
“ Eh,  kamu  Sel.  Aku  lagi  bayangin  konsep  buat  foto  kamu. “ Kela’  Mona.
“ Ohhhh.   Btw,  konsepnya  kayak  gimana  nih…. Heheheh.  Soalnya,  maaf  ni   aku  ‘gak  sempet   buka  emailnya. “  Balas  Gisel.
“ Iichh  kebiasaan  dech.  ‘gak   profesional  banget,  mentang  -  mentang  aku  ‘gak  kontrak  langsung  ma  manager  loe. Hehheheh . “  Keluh  Mona.
Tidak  ada  yang  tahu  dengan  pasti   apa  yang  terjadi  waktu  itu,  dua  bulan  berlalu,  setelah   Gisel   sadar  dari  komanya.   Meski  keingin  tahuan  mona  begitu  besar,  tapi  ia  tidak  pernah  sekalipun  mencoba  untuk  mencari  tahu  apa  yang  terjadi  pada  gisel  dan  anton.  Sejujurnya   penyelidikan  kasus  tersebut,   dalam  laporan  kepolisian  membuat  Mona  tidak  cukup  puas.  Namun   kekuatan  persahabatan  yang  telah  Mona  jalin  bersama  Gisel,  membuat   ia  memilih  menutup  semua  itu  rapat  rapat.
………..   Selang   3  bulan  kemudian ……
Karir   Gisel   sebagai   fotomodel  semakin  berkibar,   namun  tidak   demikian   dengan  mona.   Sejak   peristiwa  yang  menimpa  Gisel  dan  Anton,  Mona  tidak  ingin  memotret  apapun  kecuali  jika  bukan  memotret   Gisel.  Dan  pemotretan  3  bulan  yang  lalu  dengan  tema  masa  lalu  adalah   karya  dia  terakhir.  Sebetulnya  karya  tersebut  dibuat  sebagai  usaha  mona  untuk  membuka  ingatan  Gisel  tentang  masa  lalu,  namun   selama  proses  memotret  tidak   sedikitpun  mona  mendeteksi  sinyal  -  sinyal   dimana  Gisel  mampu   sedikit   saja  mengingat   kejadian  itu.
Selalu   ada  hikmah  dibalik  peristiwa,   dalam  penyelidikan  kasus  Gisel  dan  Anton  dipmipin  oleh  detektif  Zion.  Zion  ini  sepertinya  tertarik  dengan  Mona,  yaa  wajar  saja,  Mona  cantik  pintar  dan  selama  proses  penyelidikan  Mona  mampu  berkomunikasi  dengan  baik.  Sinyal  sinyal  yang  baik   juga   diperlihatkan  oleh   Mona,  dari  menerima  ajakan  makan  pemuda  tampan  ini,  dan  begitu  juga  malam  ini  yang  seharusnya  menjadi  kencan  yang  baik,  atau  paling  tidak  harapan   Mona  adalah  Zion  bersedia  menyatakan   perasaannya.
“ Malam  ini  kamu  cantik  sekali,  dan  di café  ini  aku  rasa  kamu  yang  paling  berkilau  diantara  gadis  gadis  yang  ada  disini. “  Puji  Zion.
“ Berkilau,  kayak  berliann  aja. “  Ledek   Mona
  Aku   serius,  dan   bahkan  kamu  lebih  berkilau  dari  berlian  ini. “  Ucap  Zion  sambil  mengeluarkan  cincin  berlian  dan  bermaksud  untuk  menyatakan  perasaanya.
Belum  juga   sempat  mengutarakan,  pembincangan  mereka  terjeda  oleh  dering  telepon  Mona.
“ Mona,  kamu  lagi  dimana ?  Tolong  bantu  aku  donk,  mobilku   monggok,  didaeerah  sini  ‘gak  ada  taksi  aku  takut.  Aku  smsin  alamatnya  yaa,   cepatttttt.   Makasih. “  Ucap  Gisel.
Setelah   menerima   sms  dari  Gisel,   Mona   dan   Zionpun  langsung  meluncur  dan  menemui  Gisel.
Sesampainya   disana,   mereka   menemukan  Gisel  tergeletak  disamping  mobilnya.
“ Gisel,  ada  apa  denganmu ? “  Ucap   Mona  yang  begitu  panik,  dan  kemudian  meminta   Zion  menggendong  Gisel  ke mobilnya.
 …..  sesampainya   di  rumah  sakit ..…
Dokterpun  tidak  tahu  dengan  apa  yang  terjadi   pada  Gisel.   Yang  jelas  Gisel  pingsan  dengan  tekanan  darah  yang  normal,  ia  bahkan  terbilang  sangat  sehat,  tapi  mengapa  sampai  saat  ini  ia  belum  sadar  yaa ?  Jelas  dokter  kepada   Mona.
  Sudah  jangan  khawatir  Mona,  mungkin  ia  kecapean  saja. “  Hibur  Zion   yang  melihat   Mona  begitu  khawatir.
“ Zion,  kamu  bisa  membantuku.  Tolong  temanin  dulu  Gisel,  aku  akan  pergi  kerumahnya  untuk  mengambil  baju  Gisel. “  Pinta  Mona.
  Kamu  bisa  mengandalkanku.  Hati  hati  yaa. “  Zion  tersenyum  melepas  kepergiaan  Mona,  seolah  ia  takan  melihatnya  lagi.
“ Senyuman  itu  mengingatkan  aku  dengan  seseorang,  siapa  ya ?   rasanya  aku  menjadi  tak  begitu  tenang. “   Guman  Mona   dalam  hati  diperjalanan  menuju  rumah  Gisel.
Sementara   itu   dirumah  sakit,  kamar  melati  301.
Gisel  mulai  siuman,  dan  ia  mendapati  seorang  laki  laki  berada  disamping  tempat  tidurnya,  bersandar  disebuah  kursi  yang  empuk. 
“ Maaf  Anda  siapa ? “  Tanya  isel  penasaran.
“ Gisel,  kamu  sudah  siuman ?  Alhamdulilah…  Oh  iya  aku  Zion,  aku  temannya  Mona. Saat  ini  Mona  sedang  mengambil  baju kerumahmu. “  Jawab  Zion.
“ Oh  begitu.  Sudah  berapa  lama  kamu  mengenal  Mona,  mengapa  Mona  tidak  pernah  berbicara  tentangmu  padaku.  Huff !!! Aku  rasa  satu  persatu  orang  mulai  meninggalkanku. “  Keluh  Gisel  merasa  tersisih.
“ Maksudnya,  apa  yang  kamu  katakan  Gisel.  Aku  tidak  mengerti. “  Jawab  Zion.
“ Sudahlah,  itu  hanya  semilir  angin  yang  cepat  berlalu.  Bisakah  kamu  membantuku.  Aku  rasa,  aku  ingin  pulang  malam  ini  juga. “ Pinta   Gisel  mengalihkan  pembicaraan.
“ Tapi  kamu  belum  diizinkan  pulang,  dokter  masih  belum  memastikan  apa  yang  terjadi  padamu   gisel. “ Keluh  Zion.
“ Aku  tidak  peduli,  tubuhku  milikku,  dan  aku  yang  lebih  tahu  apa  yang  terjadi   padaku.   Untuk  apa  kamu  peduli  padaku,  tidak  usah  berpura  pura  baik  padaku,  sahabat  baikkupun  lebih  memilih  pergi  daripada  menemaniku  disini. “  Balas  Gisel  yang  lantas  perlahan  demi  perlahan  membuka  selang  infuse  dilengannya,  iapun  mulai  menurunkan  terlebih  dahulu  kaki  kananya,  yang  kemudian  dilanjutkan  dengan  kaki  kirinya,  perlahan  Giselpun  berdiri  dan  kemudian  terjatuh  hingga  Zion  dengan  sigap  membantunya  kembali  berbaring.
“ Apa  aku  bilang,  kamu  masih  harus  istirahat  disini. “  Ucap  Zion.
Namun  Gisel  hanya  terpaku  dan  memandangi  wajah  Zion.
“ Gis,  ada  sesuatu  yang  aneh  diwajahku. “  Tanya  Zion  penasaran.
“ Jika  kamu  bertemu  lebih  dulu  denganku  sebelum  Mona,  apa  kamu  akan  menyukaiku ? “  Tanya  Gisel  tiba  -  tiba.
“ Apa  maksudmu,   siapa  yang  tidak  akan  menyukaimu.  Kamu  cantik,  seorang  model  dan  kamu  pintar.  Bagi  seorang  lelaki  itu  sudah  cukup  menjadi  jaminan  dan  lebih  dari  sekedar  layak  untuk  disukai. “  Jawab  Zion   yang  malah  membuat  Gisel  menangis.
“ Kenapa  kamu  menangis, Gis ?  Apa  aku  mengatakan  hal  yang  salah. “   Tanya  Zion  penasaran.
Gisel  hanya  terdiam  tak  bergeming  yang  terlihat  adalah  derai  air  mata  yang  terus  mengalir  tak  berhenti.
“ Jangan  menangis  Gisel,  aku  tidak  bisa  melihat  wanita  cantik  sepertimu  menangis. “  Ucap   Zion  yang  tiba  tiba   saja  memeluk  Gisel  dengan  erat.
“ Lepaskan,  tolong  tinggalkan  aku.  Jangan  kau  lakukan  hal  seperti  ini,  aku  benci  laki  laki  yang  tidak   dapat  menjaga  perasaan  wanita. “  Ucap  Gisel  yang  kemudian  mendorong  tubuh  Zion.
Tanpa  diduga  Mona  melihat  semua  kejadian  itu….
“ Tinggalkan  dia  Zion !!! “ Ucap  Mona  tiba  tiba.
Zion  dengan  perasaan  bersalah,  berusaha  untuk  meminta  maaf  dan  menjelaskan  bahwa  sebenarnya  dia  tidak  bermaksud  melakukan  itu.  Dia  hanya  mencoba  untuk  menenangkan  Gisel  saja,  tetapi  nampaknya  semua  itu  sia  sia  saja,  Mona  tetap  pada  pendiriannya  dan  meminta  Zion  meninggalkan  kamar  tersebut.    Kumohon  pergilah,  dan  kuharap  kita  tidak  usah  bertemu  lagi. “  Pinta  Mona  seraya  mendorong  Zion  keluar  kamar  dan  kemudian  menutup  dan  mengunci  pintu  kamar  tersebut.  Mona  lantas  memeluk  Gisel  yang  sedang  menangis,  saat  itu  yang   ada  dibenaknya  hanyalah  pria  yang  tidak  bisa  menjaga  kesetiaannya,  Mona  tak  henti  -  hentinya  meminta  maaf  kepada  Gisel  dan  Giselpun  memeluk  Mona,  mereka   saling  berperlukan  dan  menangis  bersama  sama.
Seminggu  kemudian….
            “ Gisel,  kamu   tahu  aku  tidak  bermaksud  begitu.  Saat  itu  aku  tidak  bersungguh  sungguh  menginginkan  ia  menghilang  dari  hidupku  selamanya.  Gisel  apa  yang  telah  kulakukan,  zion  benar  benar  telah  meninggalkanku,  aku  bahkan  tidak  sempat  meminta  maaf  padanya. “  Keluh  Mona  di  dalam  mobil,  tepat  didepan  pemakaman  Zion.
Seminggu  setelah  peristiwa  tersebut,  Zion  mengalami  kecelakaan  bermotor,  dan  hari  ini  hujan  begitu  deras,  awan  yang  begitu  biru  di  langit  indah  berubah  seketika  seolah  mengiringi  kepergiaan  Zion,  pria  yang  nyaris  mampu  meluluhkan  hati  Mona.
“ Aku  bersalah  Gisel,  semua  ini  salahku.  Aku  yang  telah  membunuhnya. “  Mona  terus  terusan  menangis  dan  tidak  berhenti  menyalahkan  dirinya,  sementara  Gisel  hanya  bisa  memeluk  Mona,  dan  menahan  air  matanya.    Mona,  semua  ini  bukan  salahmu.  Zion  mendapat  balasan  dari  apa  yang  telah  ia  lakukan. “  Ucap  Gisel  yang  berusaha  menghibur  mona.  “ Apa  maksudmu, Gis ?    Jawab   Mona  penasaran.    Ini  bukan  tentang  soal  kamu  merasa  bersalah  atas  kematiannya  Mona,  aku  hanya  mengingatkan  saja,  bahwa  di dunia  ini  apapun  yang  kita  lakukan  akan  memperoleh  balasannya.  Jadi  tolong  Mona  jangan  terlalu  menyalahkan  dirimu   seperti  ini,  itu  sudah  takdirnya. “   Jawab  Gisel  berusaha  menjelaskan,  agar  Mona  tidak  terus  menerus  menyalahkan  dirinya.
    ***
6  bulan  kemudian…
            “ Tidak  pernah  menyangka  bahwa  ternyata  hari  ini  datang  juga, aku  turut  bahagia  untukmu  Mona,  tapi  maaf  aku  tak  bisa  hadir  di hari  bahagia mu,  bagiku  ini  terlalu  menyakitkan  jika  kutahu  pada  akhirnya  kau  tetap  meninggalkanku,  meski  begitu  aku  berterima  kasih  untuk  hari  hari  yang  sempat terlewati  dan itu  menyenangkan  bagiku.  Untukmu  Mona,  kuharap  pendampingmu  kali  ini,  dapat  benar – benar  membuatmu  nyaman  dan  tidak  membuat  ia  berakhir  seperti  mereka  yang  telah  berlalu. Mona  aku  mencintaimu  lebih  dari  sekedar  sahabat,  karena  kita  sudah   cukup  lama  bersama  bagiku  kau  lebih  dari  sekedar  keluarga.  Bahagia  untukmu  Mona.  Maaf  untuk  hal  yang  menjadi  misteri  dihidupmu,  aku  tahu  selama  ini  kau  tidak  memiliki  jawaban  untuk  semua  yang  terjadi  dalam  hidupmu,  namun  Mona,  sungguh  aku  berharap  pedamping  ini  mampu  menjadi  penawar  dalam  racun  ditubuhmu,  dan  menjadi  obat  untuk  setiap  kegundahan  dalam  pemikiranmu. Gisel. “
Surat   dari  Gisel,  untuk  Mona,  seolah  membuka  sedikit  tabir  misteri  yang  terjadi  dalam  dirinya.  Tatapannya  kian  kosong,  memorinya  kembali  mengulas  masa  -  masa  yang  sudah  sedemikian  kuat  ia  lupakan,  hari  dimana   seharusnya  senyum  menghias  bibir,  malah  membuat  tanya  dalam  perpisahan  melalui  secarik  surat  yang  kemudian  kertas  itu  basah  seiring  air  mata  yang  mengalir  tiada  henti.
Mona  kian  terperanjat  dalam  memorinya  kembali,  ia  berusaha  mencerna  setiap  kalimat  yang  telat  melekat  dalam  pemikirannya.  “ Apa  semua  ini,  apakah  ini  benar  adalah  salahku ? “…  “ Yaa  Tuhan,  jika  demikian  pahit  kenyataannnya,  seharusnya  aku  tidak  berusaha  mencari celah  untuk  mengupasnya. “

*** Selesai  dalam  kisah Gisel  dan  Mona  - Tabir “
# Ada   kalanya  rahasia  akan  lebih  baik  tersimpan  rapih  tanpa  terlalu  banyak  orang  mengetahuinya.
# Jika  kita   merasa  sulit   dan   begitu  banyak   hambatan  dalam  memecahkan   misteri  tersebut,  bisa  jadi  karena  ketidak  tahuan  kita  akan  lebih   membuat  hidup  kita  tenang  dibandingkan  setelah  kita  mengetahui  fakta  dibalik  suatu  misteri.
# Dan  kebenaran  akan  lebih  baik  disampaikan.  Jika  kita  ingin  menutupnya,  maka  tutuplah  sampai  orang  takan  pernah  mengetahuinya.

Tidak ada komentar: