Rabu, 02 Oktober 2013

Komunikasi



“Komunikasi bukan sekedar, pengatar kata dalam menyampaikan sesuatu. Namun ia lebih besar maknanya dari itu.“ Bersama saya Mita dalam Inspirasi siang, sampai pukul 15.00 WIB, dengan info menarik, unik dan menginspirasi akan menemani dengan balutan tembang yang membuat kita mengenang masa masa penuh romantisme. Tetaplah bergabung bersama kami di Ruang Inspirasi Hati Rugeri 93.4 Fm sampai tuntas, tas...... ^^
Baraya kalau kita bicara tentang komunikasi, saya rasa semua orang paham benar pentingnya komunikasi. Dan bicara adalah salah satu media dalam berkomunikasi, yaa saya rasa baraya tahu benar hal tersebut. Tentu juga itulah salah satu yang kita pikirkan, tapi tahukah baraya bahwa bahasa komunikasi tidak serta merrta melalui lisan ke lisan atau yang kita kenal dengan istilah ‘BICARA’. Oh yaa Apa saja.... ?
................................................................... ??? .....................................................
Sebetulnnya, bahasa komunikasi itu tidaklah sedikit. Banyak kali lah itu, selama kita mencari tahu. So diantaranya adalah :
Ø  Komunikasi bayi, sesama bayi, kepada orang tuanya, terutama ibunya pun orang dewasa lainnya.
Ø  Komunikasi Tunarunggu dan tunawicara, seperti yang kita ketahui. Mereka yang istimewa seperti Tunarunggu, Tunawicara, mereka memiliki cara komunikasi tersendiri untuk menyampaikan yang dimaksudnya. Alat peraga, lengan mereka (komunikasi tubuh/bahasa tubuh)
Ø  Komunikasi Autis, ini meanrik baraya meskipun mereka sebetulnya mampu berbicara, namun tidak langsung kita bisa berbicara secara fasih atau serta merta langsung akrab, ada proses adaptasi atau pendekatan yang lebih mendetail dengan mereka. Dan itu sesuatu yang luar biasa, setelah kita mengenal mereka lebih dekat dan kian paham dengan cara berkomunikasi mereka.
Ø  Komunikasi dengan Tunanetra, kita begitu memahami benar bahwa Tunanetra adalah ketidak mampuan mata melihat jelas seperti mata normal pada umumnya. So, jangan anggap mereka tidak memahami komunikasi kita yang alhadmulillah harus lebih bersyukur dengan penglihatan kita. So, kini tecnologi semakin canggih, ada hp bahkan komputer khusus untuk mereka, sehingga ada diantara merka yang bahkan menjadin seorang penulis. Super kan, yaa Super sekali (Mario Tegus yang senang berkata Super), salah satu yang saya tahu dan kurang ter-Ekspose adalah Penulis Buku Pendidikan Inklusif dari Garut yaitu Pak Agus, dari SLB A YKB – Garut Jabar.

So, sebtulnya komunikasi itu bisa sampai selama kita bisa menempatkan diri kita sedang berkomunikasi dengan siapa. Yaa betul seklai, kita harus pandai pandai sekali dalam melihat siapa lawan bicara kita. Untuk apa ? Untuk mengetahui bahasa komunikasi/gaya komunikasi apa yang digunakan hingga menjadi menarik dalam berkomunikasi.
Baraya, komunikasi adalah salah satu hal penting yang jangan sampai kita abaikan, karena jika kita mengabaikan komunikasi maka besar kemungkinan maksud yang kita sampaikan tidak akan mengena, sekalipun hal yang disampaikan adalah hal baik atau berupa nasihat baik, namun kalau komunikasinya kurang tepat atau kita tidak memahami cara komunikasinya yaaa jadinya gak sampai dan berabe donk.
................ ??? ..................................
Bicara merupakan salah satu media komunikasi, so lisan disini berpengaruh besar sekali. Berhati-hatilah dalam menjaga lisan, karena “Tergelincirnya lisan itu lebih berbahaya dibanding tergelincirnya kaki”. Benar benar hal yang harus kita perhatikan yaa ? Jangan sampai kebablasan dech.
Komunikasi merupakan cara efektif untuk kita menyampaikan maksud.
Bagaimana menurut Anda ?



Garut, 02 Oktober 2013
Salam bahagia dan Terima kasih ^^
Mita Rugeri Permata
(Di depan monitor Komputer, celanhak ceingukkk siapa tahu ada makanan buat mge,il... So Hngryyyyy :()

Tidak ada komentar: