Jumat, 04 Oktober 2013

Marah



Banyak diantara kita masih sulit sekali dalam mengendalikan diri, dan itu bisa terlihat ketika kita sedang marah. Dalam Inspirasi siang bersama Mita sampai pukul 15.00 WIB. Berbagi inspirasi yuuk tentang pengalaman seputar marah yaitu salah satu dampak dari penyaluran emosi sedang kesal, jengkel, cemburu dll.

Aku Marah, kenapa kau marah ?
Bagaimana tidak amrah, aku melihat si dia berjalan dengan yang lain, aku terbakar cemburu, karena itu aku marah .
Baik, kamu sudah pastikan siapa dia?
Mana mungkinlah aku bertanya siapa wanita lain itu, dimana harga diri sebagai wanita ?
Emh.. Marahmu seperti ini, tak menunjukan kamu memiliki harga diri ?
Tertegun si kawan, dia kemudian bertanya kembali. Maksudmu ? Dengan emosi lebih marah.
Melempar semua hadiah darinya, kemudian mengambilnya kembali. Melihat Photonya, lantas sesekali menangis. Padahal kamu sendiri tidak tahu siapa wanita itu ?
Temanku menundukan kepala, nampaknya ia begitu malu,dan memahami apa yang saya maksud.

“Sebetulnya marah adalah sesuatu yang lumrah dan dialami oleh setiap orang, namun jika kita marah marah tidak jelas, maka jelas pula tak baik untuk kesetabilan emosi kita. Marah juga mampu merusak kesehatan diri kita, dan bahkan parahnya bisa menjadi penyakit stress yang berbahaya.” Nah, kalau begitu bagaimana donk cara kita mengatasi rasa marah tersebut ? Tenang Sahabat yang baik hatinya, ada beberapa langkah diantaranya :

Ø  Tarik nafas dalam dalam, dan cobalah untuk realistis terhadapa persoalan apapun yang sedang dihadapi
Ø  Cuci muka dech, dan paling baik ambil wudlu perbanyaklah istigfhar untuk menenangkan diri
Ø  Baca cerita lucu atau nonton filem kartun atau komedi, baiknya alihkan kemarahan tersebut dengan sesuatu misalnya yang bisa membuat tenggang dengan cara menonton Filem Horor, yang lagi nge-Boooom nihhh The Conjuring. Biasanya kalau dialihkan seperti ini, jadinya rasa marah kita sudah teralihkan dengan fokus filem yang membuat kita terkaget dan terpincu adrenalinya.
Ø  Fokus pengalihan lainnya, dengan cara berolahraga kemudian juga bisa dengan memasak, atau makan yang manis manis, seperti ice cream atau coklat. Ada lagi nihhh main games, dengerin Radio Rugeri on Airan dech sama Rugeri,ehhehehe. Tenyunya ebrbagi inspirasi dan Aspirasi tentang hal yang membuat marah tersebut bisa dibicarkan. Insya Alloh bisa lebih lega dech.

Semoga apa yang disajikan ini bisa bermanfaat yaa, jangan sampai kita memilihara kemarahan karena betul betul berdampak tak bagus bagi kesehatan kita. Mau tahu dampak kesehatan bagi tubuh kitanya, tunggu dech tulisan di episode selanjutnya.

 

Salam Bahagia dan terima kasih ^^
 Mita Rugeri permata, sambil nemeni siaran baraya di Ruang Inspirasi Hati rugeri 93.4 Fm ^^

Tidak ada komentar: