Sabtu, 26 Oktober 2013

Sahabat Baik



Bila berbicara tentang persahabatan, saya rasa kita akan ingat dengan teman dan sahabat. Hmm... kurang diantara kita yang mengatakan orang tua atau bahkan saudara, adik atau kakak. Padahal mereka bisa saja menjadi sahabat kita.
Inspirasi Siang hadir kembali bersama saya Mita sampai pukul 15.00 WIB. Dalam Ruang Inspirasi Hati, mari kita berbagi Inspirasi tetang Sahabat//

^_^
#Inspirasi Siang : Sahabat adalah orang terdekat kita ?
Ya, sebagian besar cenderung mengatakan demikian. Jika begitu semestinya keluarga terutama orang tua adalah orang yang seharusnya menempati posisi pertama menjadi seorang sahabat ? bukan temans ekolah atau seperemainan yang tidak ada hubungan darah sama sekali//

*_*
#Inspirasi Siang : Sahabat baik itu menunjukan kita keepada kebaikan.
Nah, kalau kita menyadari hal itu. So, jangan pernah takut untuk mengatakan TIDAK!! Kepada hal-hal yang sebetulnya bertentangan dengan hati nurani kita untuk dilakukan. Jangan sampai kita melakukan sesuatu yg bertentangan dengan hati, demi hanya untuk diterima dalam lingkungan pertemanan. Kan teman yang baik mengajak pada kebaikan, jika teman berlaku tak baik apa kita harus pertahankan ?

**
#Inspirasi Siang : Dia berkata kepada para sahabat,"Sesungguhnya aku telah mengatur urusan kamu, tetapi aku bukanlah org yg paling baik di kalangan kamu maka berilah pertolongan kepadaku. Kalau aku bertindak lurus maka ikutilah aku tetapi kalau aku menyeleweng maka betulkan aku!" (Sayidina Abu Bakar)
Jelas bukan, semestinya seorang sahabat yang baik, akan saling mengingatkan dan menasehati.

:D
Memahami dan saling mengerti adalah salah satu hal yang mendasar untuk menjalin persahabatan. Sejatinya kepercayaan dan kejujuran itulah yang mendasarinya. Ketahuilah jika kita berusahan memahami seseorang namun kita tidak mempercayainya, bagaimana mungkin kita memahaminya. Begitu juga teman tersebut terhadap kita. Lantas jika kita berbicara tentang ingin dimengerti, maka jujurlah. So bagaimana mungkin orang tidak jujur bisa mengerti dengan orang lain, wong dirinya sendiri tidak mampu jujur pada orang lain//

@_@
Saya pernah memaca di salah satu artikel tentang bagaiamana ciri dari sahabat yg menyenangkan, berikut saya lampirkan apa yg telah saya baca itu :
1. Tidak kompetitif Persahabatan merupakan ikatan emosional, bukan kontes popularitas. Jika melihat keberhasilan teman, maka kamu harus merayakannya bersama. Sebagai sahabat yang baik, jangan pernah merasa tersaingi oleh sahabat sendiri karena malah akan menimbulkan perpecahan di antara kalian. Dengan begitu, kamu dan para sahabat akan bisa termotivasi dan menjadi lebih sukses untuk ke depannya.

2. Saling menyenangkan satu sama lain Sahabat sejati itu tentunya selalu mau berbagi di saat senang maupun sedih. Misalnya, saat si sahabat diterima cintanya oleh seseorang, kamu harus ikut senang. Menjalin persahabatan yang baik adalah mau saling berkontribusi satu sama lain untuk mencapai hasil yang positif.

3. Jujur Sahabat sejati bukan berarti akan terus-menerus memuji kamu. Sahabat sejati juga memiliki kesempatan untuk mengkritik dalam berbagai hal. Kamu dan para sahabat harus saling memberikan nasihat dan komentar, baik itu komentar positif maupun negatif. Misalnya, mengenai pacar, pakaian, dan lain sebagainya.

4. Menjadi pendengar yang baik Sahabat yang baik adalah orang yang mau mendengarkan keluhan sahabatnya. Selain itu, kamu juga harus bisa diandalkan meskipun hanya menjadi pendengar yang setia. Kamu harus menjadi pendengar setia untuk sesuatu yang menarik ataupun tidak. Jika mau menjadi pendengar yang baik untuk para sahabatnya, maka persahabatan yang terjalin akan bisa bertahan lama.

5. Siap membantu Persahabatan tidak selalu berbagi hal yang menyenangkan saja. Untuk itu, sebagai sahabat yang baik kamu harus bisa menyediakan bahu untuk bersandar ketika mereka sedang merasa sedih. Selain itu, di saat sahabat sedang mengalami kesulitan, kamu juga harus bersedia memberikan bantuan untuknya.

6. Siap beradaptasi Sahabat yang baik harus siap beradaptasi untuk masuk ke gaya hidup satu sama lain. Meskipun keduanya menjalani kehidupan yang berbeda, namun salah satunya harus bisa beradaptasi. Tujuannya adalah agar persahabatan itu terjalin dengan baik hingga tua nanti. Menjalin persahabatan akan sangat menyenangkan jika terjalin hubungan yang baik. Namun, tetap saja ada sahabat yang menikam kamu dari belakang. Lalu, apakah sahabat kamu memiliki ciri-ciri di atas? Jika iya, maka mereka adalah sosok sahabat yang baik. Untuk itu, tetap jaga hubungan persahabatan yang baik itu. (NR)
Read more at:http://ciricara.com/2012/12/21/ciricara-ciri-ciri-sahabat-yang-baik/

Saya rasa akan banyak Inspirasi tentang Sahabat, namun untuk hari ini dicukupkan sekian. Lain waktu Insya Alloh kita sambung kembali. Semoga tulisannya bermanfaat, ni’matilah hidup, syukurilah dan salam bahagia. Mita ^^

Tidak ada komentar: